Dosen Website
Universitas Pancasila
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!

Informasi Dosen Tetap


Nomor Pokok Dosen:4113211002
N I D N:0327098405
Nama Dosen (tanpa gelar):CYNTHIA PUSPITASARI
Gelar:ST, MT
Jenis Kelamin:Wanita
Agama: ISLAM
Kepangkatan Akademik:
Pendidikan Terakhir:
Nama Perguruan Tinggi Terakhir:Institut Teknologi Bandung
Jabatan Struktural Saat ini: Tidak Menjabat
Email:cynthia.puspitasari@gmail.com

Riwayat Jabatan

No.MulaiAkhirJabatanNo. SK

Riwayat GOL/Pangkat Akademis

No.TahunGolonganSK GolonganAkademisKUMSK KUM
1.   1980     III/B-PENATA MUDA TK.I         ASISTEN AHLI/AA-150     271      

Riwayat Pendidikan

No.MulaiAkhirJenjangGelarNama PendidikanAkreditasiBiayaBidang IlmuNo Ijasah
1.   2002     2007     S-1     ST     Universitas Katolik Parahyangan     BERAKREDITASI "A"     BIAYA SENDIRI     TEKNIK     2007/04/02/032  
2.   2010     2013     S-2     MT     Institut Teknologi Bandung     BERAKREDITASI "A"     BIAYA SENDIRI     TEKNIK     256001/ILA/PP/IV/IJZ/2/2013  

Riwayat Publikasi / Penelitian

No. Tahun Penelitian Kode Media
Nama Media
Penulis Kegiatan Judul
1.2014HASIL PENELITIANPROSIDING (ISBN)

ICIAP
PENULIS MANDIRIMANDIRIPrivately Owned Public Space as A Solution to The Future Urban Space
2.2014HASIL PENELITIANPROSIDING (ISBN)

PENULIS ANGGOTAMANDIRIConservation Approach for Redesigning The Streetscape of Pasar Baru Jakarta
3.2015HASIL PENELITIANJURNAL NASIONAL BLM AKREDITASI

Hirarchi
PENULIS MANDIRIMANDIRIRekonstruksi Hunian Tradisional pada Kawasan Kotagede sebagai Upaya Pelestarian Identitas
4.2015HASIL PENELITIANMAJALAH POPULER/KORAN/INTERNAL

Seminar Naasional Eco-logic City 2015 Perencanaan Dan Pengembangan Kawasan Pesisir
PENULIS ANGGOTAMANDIRIPenataan Pantai Publik Berkonsep Ekowisata Di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu
5.2016HASIL PENELITIANJURNAL INTERNASIONAL

Journal Of Islamic Architecture
PENULIS ANGGOTAMANDIRIMosque As A Model Of Learning Principles Of Sustainable Architecture
6.2017HASIL PENELITIANSEMINAR NASIONAL

Seminar Nasional Infrastruktur Permukiman "Penerapan Teknologi Perumahan dan Permukiman Dalam Menduk
PENULIS ANGGOTAMANDIRITEMPAT PEMAKAMAN UMUM YANG INDAH DAN AMAN SEBAGAI UPAYA PENYEDIAAN RUANG TERBUKA HIJAU SEBUAH KOTA (Studi Kasus: TPU Kota
7.2017HASIL PENELITIANSEMINAR NASIONAL

Simposium Nasional Rekayasa dan Aplikasi Perancangan Industri (RAPI) XVI 2017 "Humanisasi Desain Pro
PENULIS ANGGOTAMANDIRITEMPAT PEMAKAMAN UMUM SUMUR BATU SEBAGAI MONUMEN KENANGAN BAGI WARGA KOTA BEKASI
8.2017HASIL PENELITIANJURNAL NASIONAL BLM AKREDITASI

Jurnal Teknik Universitas Pancasila
PENULIS ANGGOTAMANDIRITAMAN SEBAGAI RUANG BERMAIN DI DALAM KOTA: PERANCANGAN “TAMAN MAEN” PADA SEGITIGA MUNCUL, TANGERANG SELATAN
9.2018HASIL PENELITIANMAJALAH POPULER/KORAN/INTERNAL

Laporan Hibah Penelitian Tindakan Kelas
PENULIS ANGGOTAMANDIRIIMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR 3
10.2018NON PENELITIANMAJALAH POPULER/KORAN/INTERNAL

Bahan Kuliah Pengantar Perancangan Kota_Kuliah 6
PENULIS MANDIRIMANDIRITeori Perancangan Kota
11.2018NON PENELITIANBUKU (ISBN)

Bahan Kuliah Pengantar Perancangan Kota
PENULIS ANGGOTAMANDIRICity Branding

Riwayat Kegiatan Seminar

No. Dari Tgl Smp Tgl Judul Seminar Sebagai Jenis Seminar Propinsi Kota

Riwayat Penghargaan

No. Tanggal Dalam Rangka Pemberi

Riwayat Bimbingan Skripsi

No. Tahun Smt N I M Nama Mahasiswa Judul Skripsi Deskripsi Skripsi

Riwayat Pengajaran

No. Tahun Smt KodeMK Nama Matakuliah Deskripsi

Hasil Buku Ajar / Diktat Kuliah

No. Nama mata kuliah Deskripsi
1.Lingkungan HidupLink: https://www.academia.edu/s/8e37d3e470/bahan-ajar-lingkungan-perkotaan?source=link
2.Pengantar Perancangan Kota_1Berisi materi tentang sejarah dan perencanaan kota; kebudayaan, kelas sosial dan mobilitas sosial, perubahan penduduk, terjadinya kota, perubahan komunitas desa-kota, perilaku kolektif dan gerakan sosial, perubahan sosial dan budaya, problem sosial, elemen pembentuk kota (Tata Guna Lahan dan Transportasi) yang dilakukan melalui kajian perkembangan kota dari masa klasik sampai periode modern movement serta berkaitan dengan elemen pembentuk citra kota (City Image). Dan juga menyangkut ruang publik kota dan fungsinya, kualitas desain ruang kota berdasar prinsip responsive environment (permeability, variety, legibility, robustness, richness, visual appropriateness and personalisation), urban spatial principles: Linkage theory, access, townscape, streetscape, imageability, skyline.
3.Pengantar Perancangan Kota_2Berisi materi tentang sejarah dan perencanaan kota; kebudayaan, kelas sosial dan mobilitas sosial, perubahan penduduk, terjadinya kota, perubahan komunitas desa-kota, perilaku kolektif dan gerakan sosial, perubahan sosial dan budaya, problem sosial, elemen pembentuk kota (Tata Guna Lahan dan Transportasi) yang dilakukan melalui kajian perkembangan kota dari masa klasik sampai periode modern movement serta berkaitan dengan elemen pembentuk citra kota (City Image). Dan juga menyangkut ruang publik kota dan fungsinya, kualitas desain ruang kota berdasar prinsip responsive environment (permeability, variety, legibility, robustness, richness, visual appropriateness and personalisation), urban spatial principles: Linkage theory, access, townscape, streetscape, imageability, skyline.
4.Pengantar Perancangan Kota_3Berisi materi tentang sejarah dan perencanaan kota; kebudayaan, kelas sosial dan mobilitas sosial, perubahan penduduk, terjadinya kota, perubahan komunitas desa-kota, perilaku kolektif dan gerakan sosial, perubahan sosial dan budaya, problem sosial, elemen pembentuk kota (Tata Guna Lahan dan Transportasi) yang dilakukan melalui kajian perkembangan kota dari masa klasik sampai periode modern movement serta berkaitan dengan elemen pembentuk citra kota (City Image). Dan juga menyangkut ruang publik kota dan fungsinya, kualitas desain ruang kota berdasar prinsip responsive environment (permeability, variety, legibility, robustness, richness, visual appropriateness and personalisation), urban spatial principles: Linkage theory, access, townscape, streetscape, imageability, skyline.
5.Pengantar Perancangan Kota_4Berisi materi tentang sejarah dan perencanaan kota; kebudayaan, kelas sosial dan mobilitas sosial, perubahan penduduk, terjadinya kota, perubahan komunitas desa-kota, perilaku kolektif dan gerakan sosial, perubahan sosial dan budaya, problem sosial, elemen pembentuk kota (Tata Guna Lahan dan Transportasi) yang dilakukan melalui kajian perkembangan kota dari masa klasik sampai periode modern movement serta berkaitan dengan elemen pembentuk citra kota (City Image). Dan juga menyangkut ruang publik kota dan fungsinya, kualitas desain ruang kota berdasar prinsip responsive environment (permeability, variety, legibility, robustness, richness, visual appropriateness and personalisation), urban spatial principles: Linkage theory, access, townscape, streetscape, imageability, skyline.
6.Perancangan Ruang DalamBerisi materi tentang pengetahuan unsur-unsur dan prinsip-prinsip dasar perancangan ruang dalam, gaya dan asesoris ruang dalam serta melatih teori-teori tersebut dalam perancangan ruang dalam pada suatu kasus. Pengenalan bahan dan warna meliputi karakter dan komposisi warna. Dasar-dasar perancangan tata ruang dalam untuk bangunan hunian dan umum.
7.Studio Arsitektur Kota dan Permukiman_Pewarnaan Peta & Penyajian DataBerisi materi tentang konsep, terminologi dan definisi di bidang perkotaan dan permukiman; elemen permukiman dan kota; interaksi elemen-elemen permukiman dan kota; Jenis perumahan kota; Tempat kerja; Rekreasi kota (activity support); Infrastruktur kota; Transportasi kota: Model klasik kota; Model ideal kota: hirarki dan interaksi antar kota. Pembahasan elemen-elemen perancangan kota dan permukiman disertai latihan kemampuan merancang elemen-elemen tersebut dalam suatu kasus di kawasan tertentu.
8.Studio Arsitektur Kota dan Permukiman_Ruang Terbuka dan Tata HijauBerisi materi tentang konsep, terminologi dan definisi di bidang perkotaan dan permukiman; elemen permukiman dan kota; interaksi elemen-elemen permukiman dan kota; Jenis perumahan kota; Tempat kerja; Rekreasi kota (activity support); Infrastruktur kota; Transportasi kota: Model klasik kota; Model ideal kota: hirarki dan interaksi antar kota. Pembahasan elemen-elemen perancangan kota dan permukiman disertai latihan kemampuan merancang elemen-elemen tersebut dalam suatu kasus di kawasan tertentu.
9.Studio Arsitektur Kota dan Permukiman_Tata BangunanBerisi materi tentang konsep, terminologi dan definisi di bidang perkotaan dan permukiman; elemen permukiman dan kota; interaksi elemen-elemen permukiman dan kota; Jenis perumahan kota; Tempat kerja; Rekreasi kota (activity support); Infrastruktur kota; Transportasi kota: Model klasik kota; Model ideal kota: hirarki dan interaksi antar kota. Pembahasan elemen-elemen perancangan kota dan permukiman disertai latihan kemampuan merancang elemen-elemen tersebut dalam suatu kasus di kawasan tertentu.
10.Studio Arsitektur Kota dan Permukiman_Tracing PetaBerisi materi tentang konsep, terminologi dan definisi di bidang perkotaan dan permukiman; elemen permukiman dan kota; interaksi elemen-elemen permukiman dan kota; Jenis perumahan kota; Tempat kerja; Rekreasi kota (activity support); Infrastruktur kota; Transportasi kota: Model klasik kota; Model ideal kota: hirarki dan interaksi antar kota. Pembahasan elemen-elemen perancangan kota dan permukiman disertai latihan kemampuan merancang elemen-elemen tersebut dalam suatu kasus di kawasan tertentu.
11.Studio Perancangan Arsitektur 3Dalam matakuliah studio ini mahasiswa belajar mengenai organisasi ruang untuk pusat layanan publik pada lingkungan kelurahan dan memperkokoh dasar-dasar pemahaman ruang dan massa, ekspresi estetika, konteks lingkungan dan fungsi. Proses disain berangkat dari konsep ide dasar rancangan arsitektur sampai menjadi detail rancangan arsitektur yang ekologis (memperhatikan dampak terhadap lingkungan). Hasil akhir adalah membuat gambar situasi, site plan, denah, tampak, potongan, perspektif dan gambar-gambar rencana dalam format standar pengajuan IMB yang dilengkapi dengan detail-detail arsitektur/konstruksi dan sumur resapan. Tugas yang harus diselesaikan adalah merencanakan dan merancang bangunan dua lantai dengan fungsi pelayanan masyarakat di lingkungan kelurahan
12.Studio Perancangan Arsitektur 7BBerisikan materi tentang pendekatan-pendekatan perancangan arsitektur barbasis pada kebutuhan masyarakat dalam kawasan yang dirancang, serta bagaimana merencanakan dan merancang kawasan bagian dari perkotaan.

Riwayat Kegiatan Lainnya

No. Nama Kegiatan Tanggal Deskripsi Kegiatan