Dosen Website
Universitas Pancasila
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!

Selamat Datang di Website Dosen

Website ini diperuntukkan untuk informasi Dosen di Universitas Pancasila. Bagi dosen yang belum tercantum dapat menghubungi PULAHTA Rektorat

Hasil penelitian wajib disertai sosialisasi

2013-05-08 08:50:53

Sindonews.com - Sosialisasi hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat biasanya menjadi kegiatan yang sering kali terabaikkan oleh para peneliti dan pengabdi. Padahal kegiatan tersebut merupakan wahana untuk berbagi pengalaman.

"Melalui sosialisasi, para peneliti dan pengabdi bisa berbagi pengalaman dan hasil penelitian mereka dengan masyarakat, utamanya pengguna produk penelitian dan kegiatan yang telah dilakukan. Dengan begitu, hasil penelitian bisa tepat sasaran dan bermanfaat. Inilah pentingnya sosialisasi," ujar Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY Anik Ghufron di Yogyakarta, Selasa (7/5/2013).

Dalam seminar nasional Optimalisasi Penelitian dan PPM untuk Pencerahan dan Kemandirian Bangsa di LPPM UNY, Anik menuturkan, tanpa kegiatan sosialisasi, produk penelitian dan kegiatan PPM tentu tidak akan diketahui, apalagi mau berharap diterapkan oleh masyarakat.

Lanjutnya, sangat sayang tentunya jika produk yang dihasilkan hanya menjadi tumpukan berdebu di gudang atau pajangan di perpustakaan.

"Namun memang kami akui banyak kendala yang menyebabkan kegiatan sosialisasi hasil penelitian dan kegiatan PPM tersendat. Salah satu di antaranya adalah terbatasnya ruang atau ajang sosialisasi," imbuhnya.

Menurut Anik, kendala ruang sosialisasi tersebut merupakan kondisi logis, dimana memang belum semua institusi terkait memiliki kepedulian terhadap kegiatan sosialisasi tersebut. Karenanya, LPPM UNY bekerjasama dengan Masyarakat Penelitian Pendidikan Indonesia (MPPI) menyelenggarakan gelar produk tiap tahunnya.

"Tujuan utama kami ialah bagaimana hingga hasil penelitian dan pengabdian yang ada tersebut dapat bermanfaat untuk pengembangan ilmu, sehingga memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat," katanya.