Dosen Website
Universitas Pancasila
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!

Selamat Datang di Website Dosen

Website ini diperuntukkan untuk informasi Dosen di Universitas Pancasila. Bagi dosen yang belum tercantum dapat menghubungi PULAHTA Rektorat

Lulusan PT wajib kantongi SKPI

2013-05-08 08:49:37

Sindonews.com - Tantangan bagi lulusan Perguruan Tinggi (PT) di masa depan akan lebih berat, utamanya terkait persaingan tenaga kerja di dunia internasional. Oleh karena itu, telah diputuskan pemerintah, tiap lulusan PT wajib kantongi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

"Surat ini merupakan penjelasan mengenai kompetensi yang dimiliki masing-masing lulusan. Surat ini juga yang akan menentukan gaji para lulusan tersebut saat sudah terjun ke dunia pekerjaan. Karena dengan mengetahui kompetensi atau keterampilan yang dimiliki tenaga kerja, pihak perusahaan atau industri pasti mau menghargai kompetensi yang dimiliki," kata Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (Stipram) Suhendroyono, di Yogyakarta, Selasa (7/5/2013).

Ditemui di kantornya, Hendro panggilan akrabnya menuturkan, aturan wajib dikeluarkannya SKPI ini telah diatur melalui Keputusan Presiden (Keppres) tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) 2012 lalu.

Pihak yang memiliki otoritas untuk mengeluarkan SKPI adalah PT sendiri. Tiap PT menjelang pasar bebas tenaga kerja 2015 mendatang wajib mulai melakukan penilaian tidak hanya pada akademik para mahasiswanya tapi juga menilai kompetensi yang dimiliki tiap pribadi.

"Karena penilaiannya pribadi, jelas SKPI mahasiswa satu dengan yang lain akan berbeda meskipun nilai akademik mereka setara. Dan dengan SKPI ini para lulusan PT akan lebih mudah mencari kerja ke dunia internasional karena begitulah sebenarnya standar lulusan PT yang berlaku di luar negeri," ucapnya.

SKPI pun akan menjamin kesejahteraan tenaga kerja Indonesia dan tidak semena-mena diperlakukan, termasuk dalam hal gaji," jelas salah satu pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah V DIY ini.