Dosen Website
Universitas Pancasila
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!

Selamat Datang di Website Dosen

Website ini diperuntukkan untuk informasi Dosen di Universitas Pancasila. Bagi dosen yang belum tercantum dapat menghubungi PULAHTA Rektorat

Unair Masuk "Lima Besar" Perguruan Tinggi Tercerdas

2013-05-07 15:55:01

Surabaya (Antara Jatim) - Universitas Airlangga Surabaya masuk dalam "lima besar" perguruan tinggi tercerdas sesuai pemeringkatan "Telkom Smart Campus Award" (TeSCA) 2013 yang diumumkan di Jakarta pada 2 Mei lalu.

"Dari 551 perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti seleksi pada pemeringkatan TeSCA 2013 itu, Unair menempati posisi kelima," kata Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair Surabaya Dr MG Bagus AP Psi di Surabaya, Senin.

Adapun hasil pemeringkatan TeSCA 2013 untuk kategori nasional adalah Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, STMIK AMIKOM Yogyakarta, Universitas Bina Nusantara, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Kristen Duta Wacana.

"Penghargaan itu merupakan cambuk motivasi untuk terus mengembangkan layanan ICT di kampus. Beberapa langkah telah dilakukan Direktorat Sistem Informasi Unair, seperti penataan 'website'/laman yang menganalogikan dengan sistem Web Matahari," katanya.

Selain itu, peningkatan kapasitas "bandwith" WIFI, jaringan internet meluas di kampus, "cyber campus", dan layanan "online"/daring lainnya.

"Saat ini, mahasiswa dan dosen Unair dapat memanfaatkan fasilitas ICT untuk mendukung proses belajar mengajar. 'Cyber Campus' yang dapat dimanfaatkan untuk merencanakan program studi, memeriksa nilai, dan berinteraksi dengan dosen," tuturnya.

Jika sivitas akademika Unair hendak mengakses koleksi perpustakaan pun secara daring. "Jadi, predikat Smart Campus bagi kami bukan hanya sekadar tempelan, karena dengan berbagai fasilitas yang smart diharapkan dapat menciptakan generasi yang smart," ucapnya.

Pemeringkatan TeSCA sendiri telah digelar oleh Telkom sejak tahun 2008 untuk membuat pemeringkatan bagi perguruan tinggi yang memanfaatkan ICT dalam praktik belajar mengajar dan administrasi pendidikan di perguruan tinggi.

Dengan pemanfaatan ICT itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas dari perguruan tinggi tersebut.(*)