Dosen Website
Universitas Pancasila
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!

Selamat Datang di Website Dosen

Website ini diperuntukkan untuk informasi Dosen di Universitas Pancasila. Bagi dosen yang belum tercantum dapat menghubungi PULAHTA Rektorat

Unissula Juara KRN Regional III Divisi KRI

2013-05-07 15:52:18

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Robot X-Gawe Km4 karya mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang meraih juara pertama Kontes Robot Nasional 2013 III Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah divisi Kontes Robot Indonesia, di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

"Mereka menyajikan penampilan terbaik sehingga mampu menyisihkan para pesaingnya," kata Ketua Umum Panitia Kontes Robot Nasional (KRN) 2013 Regional III Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng), Gumbolo Hadi Susanto di Yogyakarta, Minggu (5/5/2013).

Menurut dia, posisi kedua dan ketiga KRN 2013 Regional III divisi Kontes Robot Indonesia (KRI) ditempati Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan robot Maestro Evo dan Udinus Semarang dengan robot Whillie. Juara harapan divisi KRI diraih Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan robot Semut Ijo.

Selain KRI, KRN 2013 Regional III juga melombakan empat divisi lain, yakni Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) Beroda, Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) Berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Juara pertama KRPAI Beroda diraih Politeknik Negeri Semarang dengan robot Poli Revo R.2, diikuti UNY (Mobo Evo) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (IWD) di posisi kedua dan ketiga. Juara pertama KRPAI Berkaki diraih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan robot Mr Cool MK2.

Juara pertama KRSBI diraih UGM dengan robot Alfarobi, diikuti Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga (R2C-R9) dan Udinus Semarang (Astonus 2). Juara harapan KRSBI diraih Politeknik Negeri Semarang dengan robot Poli Revo H.2.

Juara pertama KRSI diraih UNY dengan robot Agnimon, diikuti Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta (Lanange Jagad) dan Unnes (Sutera). Dalam KRSI, masing-masing robot yang dilombakan harus mampu menari Hanoman Duta.

"Pemenang KRN 2013 Regional III akan menjadi kontestan untuk tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Semarang. Pemenang pada tingkat nasional selanjutnya akan menjadi wakil Indonesia pada ABU Robocon 2013 di Vietnam," kata Gumbolo.

Ia mengatakan, penunjukan UII oleh Ditjen Dikti Kemdikbud sebagai tuan rumah penyelenggaraan KRN 2013 Regional III merupakan suatu kehormatan dan amanah.
Kepercayaan Ditjen Dikti tersebut diberikan karena UII dinilai telah siap dari segala aspek untuk menjadi tuan rumah KRN 2013 Regional III.

"Menggelar kontes sebesar itu tentu bukan perkara mudah, tetapi dengan dukungan semua pihak, UII mampu menjadi tuan rumah KRN 2013 Regional III yang diikuti 71 tim dari 23 perguruan tinggi di DIY dan Jateng." kata Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII itu.