Dosen Website
Universitas Pancasila
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!

Selamat Datang di Website Dosen

Website ini diperuntukkan untuk informasi Dosen di Universitas Pancasila. Bagi dosen yang belum tercantum dapat menghubungi PULAHTA Rektorat

UI Jamin Koperatif Hadapi Penyelidikan KPK

2013-05-07 15:51:17

DEPOK - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi pengadaan peralatan informasi dan teknologi (IT) di Perpustakaan Universitas Indonesia (UI). Saat ini, KPK sedang meneliti Laporan Hasil Tindak Pidana Korupsi (LHTPK) dari hasil gelar perkara untuk menentukan peningkatan statusnya.

Menanggapi hal itu, Pejabat Rektor UI Muhammad Anis mengaku UI akan siap bersikap kooperatif terhadap penyelidikan KPK. Anis mengatakan, hal itu adalah masalah hukum dan akan mengikuti sesuai tahapan proses hukum.

"UI jelas akan kooperatif. Itu kan masalah hukum, terkait individu, maka kita hormatilah hukum berjalan," ungkap Anis kepada Okezone di Depok, Sabtu (4/5/2013).

Anis menegaskan, jika KPK sudah mulai menetapkan tersangka pada kasus tersebut, maka UI pasti akan memberi pendampingan hukum. Saat ini, kata dia, pihaknya menghormati KPK yang sedang melakukan tahap investigasi.

"Kalau pembelaan, jelas dong karena warga UI, misalnya ada yang tersangkut hukum akan kita bantu pendampingan hukum, misalnya kami siapkan pengacara," paparnya.

Dia mengungkap, terkait kasus tersebut dirinya juga sudah dipanggil oleh KPK satu bulan lalu. Tidak jauh berbeda, Anis juga ditanya banyak hal seputar pengadaan IT di perpustakaan UI.

"Sebulan lalu saya juga dipanggil kok. Kalau kita melihatnya sudah mengikuti hal-hal sesuai track, kalau ada kesalahan teknis atau administrasi, kita mana tahu, harus ahlinya," tegas Anis.

Pembangunan perpustakaan UI yang selesai pada 2009-2010 itu menghabiskan anggaran hingga ratusan miliar rupiah. Perpustakaan yang berdiri di atas lahan seluas 30 ribu meter per segi itu diklaim menjadi salah satu yang terbesar dan terindah yang dimiliki Indonesia. (mrg)