Dosen Website
Universitas Pancasila
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!

Selamat Datang di Website Dosen

Website ini diperuntukkan untuk informasi Dosen di Universitas Pancasila. Bagi dosen yang belum tercantum dapat menghubungi PULAHTA Rektorat

Berita Dari Kami

2013-05-08 08:51:40
Untag Telah Luluskan 35.000 Sarjana
2013-05-08 08:51:25
FKIP Untirta Gelar Gebyar Hardiknas 2013
2013-05-08 08:50:53
Hasil penelitian wajib disertai sosialisasi

Publikasi Penelitian Dosen

Penyaji Makalah
Abstrak
Penulis : NIA RACHMAWATI, ST., M.Si. [PDF File] didownload : 650 x

Perencanaan Kampanye
Abstrak

Siti Humairoh, S. Ikom & Risma Kartika, M.Si

Alumni Mahasiswa & Dosen Tetap Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

sitihumairoh_94@yahoo.com

rismakartika.up@gmail.com 

 

Abstrak

 

Perencanaan Kampanye “Stop Narkoba” Tahun 2016

Oleh Badan Narkotika Nasional 

Isu narkoba sudah menjadi isu nasional bahkan internasional maka perlu adanya penanganan secara intensif. Oleh karena itu, perencanaan di bidang pencegahan yang matang mengenai kampanye “Stop Narkoba” demi menurunkan angka prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia dirasa sangat perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan Badan Narkotika Nasional dalam kampanye “Stop Narkoba”. Penelitian ini menggunakan konsep humas, kampanye humas dan model sepuluh tahap perencanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu paradigma post-positivisme dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Unit analisis pada organisasi, teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, dokumentasi dan wawancara, instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri. Sementara itu, teknik analisis data secara interaktif dan pengecekan keabsahan temuan melalui triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan Badan Narkotika Nasional dengan mengadakan program kampanye “Stop Narkoba” telah melalui sepuluh tahap perencanaan kampanye. Kemudian, Humas dan Deputi Pencegahan dalam kampanye ini menjadi dua satuan kerja yang bekerja sama dalam menjalankan fungsi komunikasi melalui penyebarluasan informasi dan publikasi dengan berbagai media komunikasi yaitu. Kampanye yang dilakukan termasuk ke dalam jenis ideologycal campaign yaitu, kampanye yang berorientasi pada tujuan yang bersifat khusus untuk mengubah perilaku masyarakat.

 

Kata Kunci: Perencanaan, Kampanye Humas, Pencegahan Penyalahguna Narkoba

Penulis : RISMA KARTIKA, M.Si [PDF File] didownload : 15 x

Komunikasi Politik dan Pelembagaan Pemilu
Abstrak

Penyelenggaraan Pemilu dalam sistem demokrasi memiliki posisi yang sangat strategis. Hajatan besar demokrasi lima tahun sekali, baik pilkada maupun pemilu berkontribusi terhadap political performance di suatu negara. Political performance dalam pelaksanaan demokrasi bisa dilihat dari tingkat partisipasi politik dalam pemilu, hak-hak dasar, legitimasi pemerintah, pengaturan pengorganisasian perundingan, kerahasiaan dan independensi menjadi indikator kualitas demokrasi di Indonesia.   

Secara prosedural, Indonesia sudah menjalankan demokratisasi dengan baik. Jika ada bebagai kerikil-kerikil demokrasi, barangkali sudah menjadi konsekuensi suatu negara yang menggunakan sistem pemilu dalam menyeleksi calon-calon pemimpin baik pada pilkada maupun pilpres. Rivalitas antar kandidat dalam rangka memperebutkan kukuasaan kerapkali menarik perhatian dan antusiasme publik, sehingga kerapkali terjadi gesekan-gesekan politik tiap penyelenggaraan pemilu.

Berbagai peristiwa politik dalam pemilu menandakan bahwa Indonesia sudah melewati transisi demokrasi dan menuju pelembagaan pemilu. Kesadaran diskursif warga sudah terbangun tidak hanya melalui diskusi tatap muka (face to face), media massa, namun juga warga memanfaatkan ruang publik baru (media sosial) menjadi ruang diskusi politik yang ramai dengan berbagai perbincangan pemilu dan demokratisasi di Indonesia. Selain itu, warga sudah mulai terbangun kesadarannya dalam menyikapi berbagai kebijakan pemerintah, banyak kasus misalnya, kebijakan-kebijakan yang tidak pro terhadap rakyat kecil mendapatkan reaksi keras dari warga, terutama mereka yang masuk kategori attentive public (masyarakat berperhatian) biasanya menggunakan berbagai cara untuk berpartisipasi dalam merespons kebijakan pemerintah dan proses demokratisasi yang sedang berlangsung.

Oleh karena itu, penyelenggaraan pemilu harus terlembagakan dengan  baik. Jika kita mampu melewati transisi demokrasi yang cukup melelahkan, sudah saatnya Indonesia menuju pelembagaain pemilu, baik pemilu prosedural maupun substansial. Pemilu dan pilkada merupakan ajang penguatan literasi politik warga yang harus berjalan dengan baik dan menghasilkan seorang pemimpin yang transformatif. 

Buku ini memiliki kontribusi sangat strategis terutama berhubungan dengan literasi politik dan pelembagaan pemilu. Berbagai topik yang berbasis kajian akademik, studi literature, dan berbagai kasus dalam pembahasan buku ini dibahas secara komprehensif, berbagai tema misalnya; Pergumulan partai-partai pemilihan presiden dan wakil presiden, survei opini publik, literasi perilaku pemilih, branding politik, calon independen dan tantangan partai politik serta sejumlah pembahasan yang berkaitan dengan persoalan penguatan demokrasi dan pemilu di Indonesia.

 

Penulis : MUHAMMAD ROSIT, M.SI [PDF File] didownload : 11 x

Abstrak

Saat ini, para kandidat Presiden Indonesia tahun 2014 sudah memperkenalkan diri di media massa, kampanye massive ke masyarakat maupun melalui media sosial yang menggunakan media internet sebagai wahana membangun network society. Keberagaman isi pesan yang dikirimkan ke audiens mengantarkan ke sebuah pertanyaan penting, apakah pesan tersebut mendapatkan umpan balik yang cukup baik untuk mengukur keterikatan pemilih (public engagement)? Nimmo (2005) melihat bahwa komunikasi politik terjadi ketika konsekuensi dari komunikasi yang dilakukan memiliki dampak bagi khalayaknya, sehingga awalnya propaganda dilakukan secara terbuka saat ini seiring perkembangan media sosial dilakukan dengan gaya dan bentuk tersendiri.

 

Fenomena yang akan diangkat melalui makalah ini adalah perbandingan isi pesan di akun twitter periode Oktober 2013 dari 2 calon kandidat Presiden yaitu Wiranto (Partai Hanura)  di @wiranto1947 dan Prabowo (Partai Gerindra) di @prabowo08. Menggunakan paradigma konstruktivis untuk menjelaskan bagaimana peristiwa atau realitas dikonstruksi, dengan cara apa konstruksi itu dibentuk, makalah ini akan melihat secara sederhana melalui konsep Return of Investment (ROI) oleh Powell, Groves, Dimos (2011) dalam mengukur media sosial yaitu penggunaan media sosial dan kemampuan untuk mengukur nilai yang didapatkan. Konsep ROI media sosial dan bagaimana pemanfaatan maksimal dari penggabungan penggunaan media oleh kedua calon kandidat dibahas menggunakan kerangka Media Engagement (MEF). Kerangka ini digunakan untuk melihat perilaku dari setiap individu yang terlibat, apakah sebagai konsumen, influencer atau tidak, akan diklasifikan dan dijelaskan berdasarkan 5 level keterlibatan dalam Community Engagement Funnel (CEF): Awareness (kesadaran), Subscription (Abonemen), Consumption (konsumsi), Conversation (percakapan) dan Invitation (undangan).

 

Kata kunci : komunikasi politik, media sosial, kandidat Presiden Indonesia 2014, media engagement.

 

 

Penulis : MARTRIANA PONIMIN SAID , M.Si [PDF File] didownload : 10 x

Student Communication Behavior: A Student Satisfaction and Service Quality Performance
Abstrak

The research has examined the relationship of service quality, student satisfaction and student communication behavior. The strong correlation coefficient among service qualities, student satisfaction and student communication behavior was noted. It shows that the higher service quality the more student satisfaction, the more student satisfaction the better student communication behavior. 

Penulis : GATUT LUHUR BUDIONO, PhD. MBA. [PDF File] didownload : 8 x

<< Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 Next >>