Dosen Website
Universitas Pancasila
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!

Selamat Datang di Website Dosen

Website ini diperuntukkan untuk informasi Dosen di Universitas Pancasila. Bagi dosen yang belum tercantum dapat menghubungi PULAHTA Rektorat

Berita Dari Kami

2013-05-08 08:51:40
Untag Telah Luluskan 35.000 Sarjana
2013-05-08 08:51:25
FKIP Untirta Gelar Gebyar Hardiknas 2013
2013-05-08 08:50:53
Hasil penelitian wajib disertai sosialisasi

Publikasi Penelitian Dosen

Manufaktur Prototipe Konstruksi Rangka Sepeda Motor Listrik Kapasitas 1 kW dengan Penggerak Roda Belakang
Abstrak

Pada kendaraan, rangka merupakan komponen yang sangat penting. Salah satu fungsi rangka yaitu sebagai penguat struktur pada kendaraan bermotor. Dalam merancang rangka untuk sepeda motor listrik, bagian tersebut harus ringan dan juga kuat. Rancangan rangka juga harus menyesuaikan dengan suspensi, posisi motor dan kapasitas motor yang digunakan. Tulisan ini membahas tentang estimasi waktu proses manufaktur dan biaya dari satu unit prototipe konstruksi rangka sepeda motor listrik kapasitas 1 kW dengan penggerak roda belakang. Metode yang digunakan adalah metode manufaktur design for manufacturing and assembly. Pada operation process chart dapat dilihat dalam pembuatan satu unit konstruksi rangka sepeda motor listrik membutuhkan waktu ±165 menit dengan total jumlah proses proses yang dibagi dalam 3 jenis proses yaitu operasi, pemeriksaan dan perakitan. Perkiraan harga jual untuk satu unit konstruksi rangka sepeda motor listrik ±Rp 2.577.000,- didapat dari harga bahan baku dan komponen yang digunakan sebesar Rp 1.940.864,- biaya produksi sebesar Rp 300.000,- dan laba yang dikehendaki 15% sebesar Rp 336.129.

Kata kunci—prototipe, sepeda motor listrik, rangka, penggerak roda belakang

 

Penulis : Agri Suwandi, Dr., S.T., M.T. [PDF File] didownload : 14 x

Manufaktur Konstruksi Rangka Sepeda Motor Listrik Kapasitas 3 kW
Abstrak

Perkembangan pada dunia otomotif dinilai sangat pesat saat ini, terutama pada sektor kendaraan roda dua. Salah satu bagian terpenting dari sepeda motor adalah rangka. Rangka merupakan penguat dari konstruksi sepeda motor sebagai tempat penambatan komponen yang terpasang pada sepeda motor. Rangka sepeda motor listrik dibuat dengan tujuan mendapatkan model baru pada konstruksi rangka sepeda motor listrik dengan bagasi yang luas dan dapat digunakan dengan optimal dengan menggunakan penggerak motor listrik tipe BLDC kapasitas 3 kW dengan penerus daya rantai. Tulisan ini akan membahas mengenai tahapan dari manufaktur konstruksi rangka sepeda motor listrik 3 kW dan perkiraan waktu serta biaya produksi. Metode manufaktur yang digunakan dalam pembuatan rangka ini adalah metode Desain for Manufacturing and Assembly. Berdasarkan penerapan metode tersebut, dihasilkan estimasi waktu pembuatan rangka ± 283 menit dengan perkiraan biaya total untuk pembuatan 1 unit konstruksi rangka sepeda motor listrik sebesar ± Rp. 16.002.000.

Kata kunci—konstruksi; rangka; sepeda motor listrik; DFMA

Penulis : Agri Suwandi, Dr., S.T., M.T. [PDF File] didownload : 42 x

Manufaktur Alat Bantu Peningkat Keterampilan Juru Las SMAW
Abstrak

Persaingan tenaga kerja terampil di Indonesia saat ini dipengaruhi oleh kebijakan nasional dan internasional. Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Program Mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Mandiri, Maju, Adil dan Makmur merupakan peluang sekaligus ancaman bagi tenaga kerja Indonesia dalam bersaing untuk memperoleh lapangan perkerjaan di Negaranya sendiri. Salah satu bidang pekerjaan yang menjadi peluang adalah juru las. Untuk mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan tingkat ahli, maka diperlukan minimal kompetensi standar akan keterampilan las. Tulisan ini, akan membahas tentang tahapan manufaktur dari alat bantu peningkat keterampilan juru las SMAW (Shielded Metal Arc Welding) dan perkiraan waktu serta biaya produksi, dimana alat ini berfungsi sebagai alat bantu pelatihan bagi juru las. Metode manufaktur yang digunakan dalam pembuatan alat ini adalah metode DFMA (Desain for manufacturing and assembly). Berdasarkan penerapan metode tersebut, dihasilkan estimasi waktu pengerjaan alat ± 278 menit dengan perkiraan biaya produksi sebesar ± Rp. 4.150.000.

Kata kunci—manufaktur; alat bantu; juru las SMAW; DFMA.

Penulis : Agri Suwandi, Dr., S.T., M.T. [PDF File] didownload : 12 x

Analisis Pengaruh Kecepatan pada Proses Injection Molding terhadap Kekerasan Komposit Polyurethane - 15 % Carbon Black
Abstrak

Perkembangan material plastik didunia ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Untuk meningkatkan kualitas produk, industri manufaktur melakukan pengembangan dalam segi material yang digunakan. Dalam bidang manufaktur proses injection molding sering digunakan untuk proses produksi yang menggunakan material polimer untuk produk yang akan dibuat. Penelitian ini membahas tentang pengaruh kecepatan injeksi pada proses injection molding terhadap benda berupa plat dengan material komposit matriks polyurethane. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan nilai kecepatan yang optimim, sehingga cacat pada plat dapat diminimalkan. Pembuatan plat diantaranya, dengan menggunakan proses mixing antara material polyurethane isothane dan desmopan dengan penguat material carbon black selama 5 menit, kemudian proses Hoppering selama 1 jam, dan proses injeksi dengan kecepatan 200 mm/s, 400 mm/s, 600 mm/s, dengan temperatur 180°C dan gaya tekan 80 bar. Dalam eksperimen yang dilakukan, produk hasil injeksi masih terdapat cacat shrinkage dan flashing. Berdasarkan hasil pengujian kekerasan, diperoleh nilai kekerasan yang paling tinggi untuk proses injection molding pada variasi kecepatan 200 mm/s dengan nilai rata-rata kekerasan 44.4 Shore D serta nilai kekerasan yang paling rendah pada variasi kecepatan 400 mm/s dengan nilai rata-rata kekerasan 40.6 Shore D.

Kata kunci—injection molding; kecepatan injeksi; komposit matriks polyurethane.

Penulis : Agri Suwandi, Dr., S.T., M.T. [PDF File] didownload : 0 x

Analisis Pengaruh Temperatur Injection Molding Terhadap Kekerasan Material Komposit Polyurethane Berpenguat 15% fv Carbon Black
Abstrak

Roda kastor adalah sebuah roda solid yang banyak digunakan sebagai komponen untuk memudahkan pemindahan dari satu tempet ke tempat lain, salah satunya adalah ada pada tempat tidur rumah sakit. Proses pembuatan roda kastor yaitu dengan menggunakan proses injection molding. Nilai dari mechanical properties pada roda kastor merupakan faktor yang perlu diperhatikan agar hasil akhir dari produk roda kastor aman digunakan dan sesuai dengan standar. Penelitian ini membahas tentang pengaruh temperatur injection molding terhadap kualitas plat dari material komposit. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai kekerasan yang optimal untuk mendapatkan kualitas plat komposit yang optimal. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan spesimen berbentuk plat yang terbuat dari material komposit yang terdiri dari thermoplastic polyurethane (85%) + carbon black (15%). Pembuatan plat menggunakan proses pengeringan selama satu jam dengan menggunakan temperatur 90oC untuk mengurangi kadar air yang terdapat pada material. Selanjutnya dilakukan proses injeksi dengan temperatur 170oC, 180oC, 190oC dengan waktu proses injeksi selama 2 menit dengan gaya tekan 40 bar dan kecepatan injeksi sebesar 400 mm/s. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa nilai kekerasan yang optimal terdapat pada suhu 190oC dengan nilai kekerasan sebesar 44,2 shore D.

Kata kunci—roda kastor; injection molding; thermoplastic polyurethane; material komposit.

Penulis : Agri Suwandi, Dr., S.T., M.T. [PDF File] didownload : 0 x

<< Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 Next >>