Dosen Website
Universitas Pancasila
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!

Selamat Datang di Website Dosen

Website ini diperuntukkan untuk informasi Dosen di Universitas Pancasila. Bagi dosen yang belum tercantum dapat menghubungi PULAHTA Rektorat

Berita Dari Kami

2013-05-08 08:51:40
Untag Telah Luluskan 35.000 Sarjana
2013-05-08 08:51:25
FKIP Untirta Gelar Gebyar Hardiknas 2013
2013-05-08 08:50:53
Hasil penelitian wajib disertai sosialisasi

Publikasi Penelitian Dosen

A Literature Review: Encouraging Halal Tourism on Green Concept towards Nation Competitiveness
Abstrak

Searah dengan perkembangan populasi umat Islam yang saat ini berjumlah lebih dari 1.6 miliar jiwa atau sekitar 23.4 persen dari total penduduk dunia, menjadikan Islam sebagai agama dengan jumlah penganut terbesar di dunia. Pertumbuhan jumlah umat Islam ini akan terus meningkat dan diperkirakan pada tahun 2030 jumlah Muslim dunia sekitar 2.2 miliar jiwa atau sekitar 35 persen pada tahun tersebut. Selanjutnya berdampak pada pasar perjalanan muslim yang terus tumbuh untuk mencapai USD 220 miliar pada tahun 2020 dan diperkirakan akan tumbuh lebih lanjut sebesar USD 80 miliar untuk mencapai USD 300 miliar pada 2026. Hal tersebut menunjukkan bahwa sektor pariwisata telah menjadi salah satu sektor ekonomi yang terbesar dan tercepat pertumbuhannya di dunia. Sektor pariwisata menempati peringkat ke empat penyumbang devisa nasional, sebesar 9,3 persen dan penyumbang 9,8 juta lapangan pekerjaan, atau 8,4 persen. Indonesia adalah negara berkembang yang memiliki keindahan alam, warisan adat istiadat serta kebudayaan yang melimpah. Dengan penduduk muslim Indonesia sekitar 12,7 persen dari total Muslim dunia, memikili potensi yang dapat mendorong meningkatnya daya saing Indonesia secara global. Perkembangan pariwisata halal di Indonesia masih belum optimal, karena belum banyak industri pariwisata yang mengemas perjalanan dengan paket halal travel yang ramah lingkungan, dimana kekuatan utama Indonesia adalah wisata alam. Oleh karena itu, artikel ini membahas tinjauan literatur tentang pariwisata halal dalam hal layanan, infratruktur, sumberdaya manusia dan kebijakan pemerintah yang berkonsep hijau akan mampu mendorong daya saing bangsa.

Kata kunci: wisata halal, konsep hijau, daya saing bangsa.

 

Abstract

In line with the development of the Muslim population which currently amounts to more than 1.6 billion people or about 23.4 percent of the total world population, making Islam as a religion with the largest number of adherents in the world. The growth of the number of Muslims will continue to increase and it is estimated that by 2030 the number of world Muslims will be around 2.2 billion or around 35 percent in that year. Furthermore, the impact on the Muslim travel market continues to grow to reach USD 220 billion by 2020 and is expected to grow further by USD 80 billion to reach USD 300 billion in 2026. This shows that the tourism sector has become one of the largest economic sectors and fastest growth in the world. The tourism sector is ranked fourth national foreign exchange contributor, at 9.3 percent and contributing 9.8 million jobs, or 8.4 percent. Indonesia is a developing country that has natural beauty, heritage, and abundant culture. With the Indonesian Muslim population of around 12.7 percent of the total Muslim world, it has the potential to boost Indonesia's competitiveness globally. The development of halal tourism in Indonesia is still not optimal, because there are not many tourism industries that package trips with eco-friendly halal travel packages, where Indonesia's main strength is natural tourism. Therefore, this article discusses the literature review on halal tourism in terms of services, infrastructure, human resources, and government policies that apply the green concept will be able to encourage the competitiveness of the nation.

 

Keywords: halal tourism, green concept, nation's competitiveness.

Penulis : SRI WIDYASTUTI, DR, S.E., M.M., M.SI, [PDF File] didownload : 2 x

GROWING HALAL TOURISM IN JAKARTA, WHICH CAN INFLUENCE NATION’S COMPETITIVENESS
Abstrak

This study aims to find out how halal tourism in services, infrastructure, human resources and government policies that have a green concept will be able to influence the nation's competitiveness. The study was conducted in Jakarta and its surroundings with a purposive sample from the archipelago's visiting borders. The outcome of the study shows that tourism services, tourism infrastructure, and government policies in supporting green concept halal tourism were able to influence the nation's competitiveness. Human resources prepared to compensate for the growth of halal tourism have no effect, this is due to determining comfort, a satisfaction of tourists visiting the area human resources do not have good skills in halal tourism. They need to get a lot of business certification in the tourism sector. The training aims to make tourism human resources have competitiveness against tourism human resources in other ASEAN regions and can advance the halal tourism industry in Indonesia.

 

Keywords: halal tourism, nation’s competitiveness.

Penulis : SRI WIDYASTUTI, DR, S.E., M.M., M.SI, [PDF File] didownload : 1 x

Analisis Daya Tarik Pasar melalui Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Manajemen Kerelasian serta Implikasinya terhadap Keputusan Nasabah serta Kinerja Pemasaran Unggul pada Bank Umum Syariah
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya tarik pasar Bank Umum Syariah, di samping itu juga untuk mengetahui bagaimana komunikasi pamasaran terpadu dan manajemen kerelasian pelanggan dapat berimplikasi pada keputusan nasabah dan kinerja pemasaran yang unggul. Daya tarik pasar Bank Umum Syariah dapat dianalisis melalui market force, competitive environment dan market access. Dalam terminologi perbankan syariah dikenal nasabah emosional/spiritual dan nasabah rasional. Perilaku nasabah yang rasional ini menjadi unit analisis pada kajian ini. Segmen nasabah yang rasional perlu digarap secara serius melalui kegiatan komunikasi pemasaran terpadu, sehingga pengembangan dan pemasaran produk serta layanan perbankan syariah dapat lebih optimal. Di samping itu dengan menggunakan manajemen kerelasian pelanggan akan dapat mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggan, sehingga ikatan emosional mampu menciptakan hubungan yang erat dan terbuka. Hal ini menciptakan jalinan komunikasi dua arah yang dapat mempertahankan kesetiaan pelanggan. Dengan menggunakan model perilaku konsumen, maka dapat diketahui keputusan yang diambil oleh nasabah dalam menentukan pilihan berbagai produk, merk, pilihan kantor layanan, jumlah dan waktu transaksi, serta metode pambayaran pada Bank Umum Syariah. Nasabah yang berhubungan dengan bank dapat memanfaatkan produk sesuai dengan kebutuhan dan motif yang ada padanya. Hal ini berlaku baik pada produk penghimpunan dana (funding), produk penyaluran dana (lending), maupun produk di bidang jasa (fee based income product). Pengukuran kinerja perusahaan menurut Burlaka (2006) adalah keunggulan posisi dan kinerja

industri perbankan yang berasal dari ketrampilan super (superior skill) dan sumber daya super (superior resources) yang berinteraksi menciptakan kapabilitas inti (core capabilities) dalam rangka menghasilkan kinerja dengan indikator profitabilitas (kemampulabaan), pangsa pasar, kepuasan, dan loyalitas konsumen.

Keyword: Daya tarik pasar, komunikasi pemasaran, kerelasian dan keputusan nasabah, kinerja pemasaran Bank Umum Syariah

Penulis : SRI WIDYASTUTI, DR, S.E., M.M., M.SI, [PDF File] didownload : 2 x

Influence from Market Strategy on Customer Relationship Management and Integrated Marketing Communications and for the Brand Image and Customer Buying Decisions and Its Implication on The Performance
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh gambaran preferensi dan persepsi nasabah melalui strategi pasar, gambaran tentang komunikasi pemasaran terpadu, gambaran tentang manajemen hubungan pelanggan, gambaran tentang citra merek Bank Umum Syariah. Juga untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif antara strategi pasar terhadap komunikasi pemasaran terpadu dan manajemen hubungan pelanggan, mengetahui adanya pengaruh yang positif antara strategi pasar terhadap citra merek dan keputusan pembelian nasabah, mengetahui adanya pengaruh yang positif antara komunikasi pemasaran terpadu dan manajemen hubungan pelanggan terhadap keputusan pembelian nasabah, mengetahui adanya pengaruh yang positif antara komunikasi pemasaran terpadu dan manajemen hubungan pelanggan terhadap keputusan pembelian nasabah, mengetahui adanya pengaruh yang positif antara komunikasi pemasaran terpadu dan manajemen hubungan pelanggan terhadap citra

merek dan keputusan pembelian nasabah Bank Umum Syariah. Selain itu juga untuk

mengetahui adanya pengaruh yang positif antara komunikasi pemasaran terpadu dan

manajemen hubungan pelanggan terhadap kinerja pemasaran, mengetahui adanya pengaruh yang positif antara citra merek dan keputusan pembelian nasabah terhadap kinerja pemasaran, mengetahui adanya pengaruh positif antara strategi pasar terhadap kinerja pemasaran Bank Umum Syariah di Jabodetabek. Dalam terminologi perbankan syariah dikenal nasabah emosional/spiritual dan nasabah rasional. Perilaku nasabah yang rasional ini menjadi unit analisis pada kajian ini. Untuk mempertahankan kesetiaan palanggan, maka perlu ditingkatkan daya tarik pasar Bank Umum Syariah melalui market force, competitive environment dan market access. Pendekatan yang efektif terhadap segmentasi pasar menjadi salah satu faktor yang paling kritis di dalam mengembangkan dan mengimplementasikan market – driven strategy. Segmen nasabah yang rasional perlu digarap secara serius dengan menggunakan manajemen kerelasian pelanggan yang akan dapat mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggan, sehingga ikatan emosional mampu menciptakan hubungan yang erat dan terbuka. Melalui kegiatan komunikasi pemasaran terpadu dapat menciptakan jalinan komunikasi dua arah yang dapat mempertahankan kesetiaan pelanggan, sehingga pengembangan dan pemasaran produk serta layanan perbankan syariah dapat lebih optimal. Dengan adanya citra merek yang baik, maka perilaku konsumen dapat diketahui pada tahap keputusan yang diambil oleh nasabah yang memanfaatkan produk dan jasa Bank Umum Syariah sesuai dengan kebutuhan dan motif yang ada padanya. Pada akhirnya hal tersebut dapat berimplikasi pada kinerja pemasaran Bank Umum Syariah.

Keywords: Strategi Pasar, Hubungan Pelanggan, Komunikasi, Citra Merek, KeputusanNasabah, Kinerja Pemasaran.

Penulis : SRI WIDYASTUTI, DR, S.E., M.M., M.SI, [PDF File] didownload : 1 x

Pengelolaan Wisata Kumuh Kampung Luar Batang
Abstrak

Perjalanan pariwisata yang mempertontonkan kemiskinan dan kesenjangan sosial yang sebagian besar terdapat pada kota-kota besar di negara ketiga semakin banyak diminati wisatawan. Wisatawan yang umumnya datang dari negara-negara maju sengaja mendatangi dan menyaksikan penduduk miskin tinggal, bekerja, dan berinteraksi. Di satu sisi sektor kepariwisataan menawarkan kesempatan ekonomi yang luas kepada pelaku yang terjun di dalamnya, tapi sekaligus di lain pihak seolah-olah memperjual-belikan kemiskinan. Kegiatan kepariwisataan yang cukup kontroversial ini sering disebut sebagai wisata kemiskinan. Makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman etika dalam pengelolaa Kampung Luar Batang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis kekuatan atau strength, kelemahan atau weakness, peluang atau opportunity, dan ancaman atau threat (SWOT). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner, wawancara dan observasi kemudian kuesioner diolah menggunakan skala likert.

Kata kunci : wisata kumuh, kemiskinan, etika 

Penulis : Fahrurozy Darmawan, S.Ikom.,M.PPar [PDF File] didownload : 2 x

<< Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 Next >>