Berbagai layanan di Universitas Pancasila berbasis WEB
Prasarana Transportasi, Sebuah kajian Halte | ||
Abstrak DKI jakarta sebagai ibukota provinsi dan pusat pemerintahan merupakan cerminan dari keadaan wilayah di Indonesia. Semua kegiatan yang ada di Jakarta dapat diketahui dan dilihat dari media informasi baik media massa, televisi, radio atau internet. Dengan mudahnya mendapatkan informasi maka banyak masyarakat dari daerah lain tertarik untuk datang ke Jakarta. Tiap tahun pertambahan penduduk kian bertambah. hal ini menyebabkan para pejabat pemerintah daerah berpikir ekstra keras untuk tetap menjaga DKI Jakarta sebagai kota Metropolitan. | ||
Penulis : AR INDRA TJAHJANI , Dr.Ir. - M.T. [PDF File] didownload : 130 x | ||
Pemilihan Pembangunan jalan kabupaten berbasis kondisi daerah | ||
Abstrak Pemilihan jenis perkerasan jalan di Indonesia secara umum masih ditentukan oleh kekuatan tanah dasar. Jenis perkerasan lentur digunakan untuk tanah dasar yang memiliki nilai CBR tinggi sedangkan kekuatan kaku untuk nilai CBR rendah. Berdasarkan data pertumbuhan panjang jalan data yang mengggunakan informasi tentang kekuatan tanah dasar, menghasilkan panjang jalan yang tidak signifikan. Penelitian ini akan menghasilkan model matematis yang dapat digunakan para bupati untuk menentukan pemilihan perkerasan jalan dengan menggunakan variable diantaranya jumlah lalulintas, jumlah penduduk, alokasi anggaran pembangunan jalan, topografi, aksesibilitas dan aksesibilitas. Batasan pembangunan jalan adalah untuk jalan kabupaten dengan tinjauan topografi yang berbeda. Model yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan oleh para pengambil keputusan di tingkat kabupaten agar jenis perkerasan yang dipilih tepat sehingga perolehan alokasi dana dapat digunakan untuk membangun jalan yang lebih panjang | ||
Penulis : AR INDRA TJAHJANI , Dr.Ir. - M.T. [PDF File] didownload : 127 x | ||
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) – PROBLEM BASED LEARNING (PBL) | ||
Abstrak | ||
Penulis : AR INDRA TJAHJANI , Dr.Ir. - M.T. [PDF File] didownload : 40 x | ||
Kawasan Sei Mangkei di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara merupakan kawasan industri dan ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dalam Proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan E | ||
Abstrak Kawasan Sei Mangkei di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara merupakan kawasan industri dan ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dalam Proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). akses menuju Kawasan Sei Mangkei menggunakan Jalan Lintas Timur Sumatera bergabung dengan lalu lintas menerus, lalu lintas regional dan lokal, serta perlintasan sebidang dengan kereta api, lalu persimpangan, kegiatan formal dan kegiatan non-formal. Namun kondisi jalan tersebut mengalami kemacetan, dilakukan analisis kinerja jalan,menghitung derajat kejenuhan dan penyebab kemacaetan. Hasil Penelitian menunjukkan derajat kejenuhan pada Ruas Jalan Tanjung Kasau – Lima Puluh sangat baik (DS < 0,75) dan kemacetan yang terjadi bersifat situasional, penyempitan pada persimpangan Lima Puluh dan kecelakaan pada perlintasan sebidang kereta api. Solusi mengatasi kemacetan lalu lintas adalah pembangunan transportasi berbasis rel, flyover, manajemen lalu lintas pada persimpangan, memindahkan lokasi pasar tumpah, kebijakan agar kendaraan truk dari arah Sei Mangkei tidak melewati Ruas Jalan Tanjung Kasau – Lima Puluh pada jam puncak. | ||
Penulis : AR INDRA TJAHJANI , Dr.Ir. - M.T. [PDF File] didownload : 37 x | ||
KAJIAN MASA KONSTRUKSI REKAYASA LALU LINTAS SIMPANG TIDAK SEBIDANG (STUDI KASUS UNDERPASS MAMPANG DAN KUNINGAN, JAKARTA SELATAN) | ||
Abstrak The rapid growth of urban areas and inadequate public transport facilities are one cause of growing number of users of private vehicles which leads to decreased level of servise (LOS) road in Jakarta. One of problem faced by urban communities is growing volume of traffic, travel delays, congestion, traffic accidents and air pollution and noise. Growing demand for urban transportation infrastructure necessary treatment development programe planned urban road network effective and efficie and continuously. The purpose of this research is to analize and study the congestion problem in Simpang Mampang and Kuningan, impact on traffic caused by Mampang and Kuningan Underpass Development Project. The result obtained from the primary data and secondary data are analized and evaluated among other, the degree of saturation is the ratio of the flow of traffic on the capacity of the road, used as a factor in determining the performance level of this road means road is problematic with a capacity that is often jammed, waiting time for too long, low speed and low travel time for a distance that not too long, so taken a decision to build Mampang and Kuningan Underpass that aims to parse congestion at both intersection.
Keywords: Congestion, Engineering Management of Traffic, Travel Time,
Underpass, Construction Period. | ||
Penulis : AR INDRA TJAHJANI , Dr.Ir. - M.T. [PDF File] didownload : 45 x | ||