Dosen Website
Universitas Pancasila
Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS!

Selamat Datang di Website Dosen

Website ini diperuntukkan untuk informasi Dosen di Universitas Pancasila. Bagi dosen yang belum tercantum dapat menghubungi PULAHTA Rektorat

Berita Dari Kami

2013-05-08 08:51:40
Untag Telah Luluskan 35.000 Sarjana
2013-05-08 08:51:25
FKIP Untirta Gelar Gebyar Hardiknas 2013
2013-05-08 08:50:53
Hasil penelitian wajib disertai sosialisasi

Publikasi Penelitian Dosen

ANALISIS KELELAHAN PEKERJA PADA PERKAMPUNGAN INDUSTRI KECIL PENGGILINGAN CAKUNG JAKARTA TIMUR
Abstrak

                                                          ABSTRAKS                                                  

 

Pekerjaan yang dilakukan pada industry alas kaki dan kulit merupakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan ketelitian, bersifat menetap, duduk terus menerus dan tidak berpindah-pindah (sendentary work). Waktu kerja disita oleh sejumlah perintah kerja yang harus dikerjakan dalam postur kerja tertentu (postural limitation) jenis pekerjaan ini menimbulkan stress pada kelompok otot rangka (musculoskeletal) dan menyebabkan kelelahan otot. Data primer yang akan dikumpulkan dengan melakukan pengukuran ditempat kerja sedangkan pengolahan dan analisa data dilakukan dengan pendekatan ilmu ergonomic, metode REBA (Rapid Entire Body Assessment) dan analisa static. Pengamatan akan dilakukan secara sampling dengan mengambil data dari pekerja wanita dan pria pada beberapa industry alas kaki dan kulit pada Perkampungan Industri Kecil Penggilingan Cakung Jakarta Timur. Pengamatan dilakukan sebelum (pretest) dan sesudah (posstest) penerapan ergonomic. Pengukuran kelelahan dilakukan dengan menggunakan instrument berupa kuesioner, Analisa Reba akan mengetahui tingkat (level) resiko kerja, postur dan posisi kerja yang ergonomis.

 

Kata kunci : kelelahan, ergonomic, Reba (Rapid Entire Body Assessment)

 

Penulis : SITI ROHANA NASUTION, Ir.MT [PDF File] didownload : 36 x

ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PADA OUTSOLE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA
Abstrak

Abstrak

 

Masalah kualitas dalam suatu perusahaan khususnya pabrik manufaktur, haruslah menjadi prioritas utama dalam berproduksi. Karena kualitas suatu produk akan menjadi persaingan bisnis dengan perusahaan lain yang mengutamakan kualitas dalam hasil produksinya. Masalah kualitas tidak terlepas dari produk yang rusak atau cacat, dengan begitu harus dilakukan perbaikan dengan meningkatkan produktivitas perusahaan. Dengan dilakukannya perbaikan tersebut dapat dilakukan perbaikan tersebut dapat membantu perusahaan dalam mengatasi masalah sekaligus mengantisipasi dan meminimasi produk cacat yang dihasilkan dalam produksi, perbaikan yang diusulkan penulis dengan menggunakan metode six sigma yang tujuannya untuk menekan kerusakan hingga mencapai angka yang paling kecil zero defect yaitu 3.4 PPM/Part Per Million. Metode ini memiliki tahapan untuk mencapai perbaikan yaitu DMAIC (Define-Measurement-Analyze-Improvement-Control). Langkah pertama adalah pendefinisian dan klarifikasi permasalahan, kedua yaitu measurement meliputi perhitungan prosentase produk cacat, uji kenormalan dengan hipotesis Chi-Square, menghitung nilai sigma dan hasilnya adalah 3.69, langkah ketiga yaitu analisis permasalahan cacat pada outsole yang dimulai dari mengumpulkan penyebab masalah dengan brainstorming untuk digunakan dalam cause and effect analysis yang dilanjutkan dengan cause failure modes effect (CFME) untk mencari akar dari permasalahannya, langkah ke empat yaitu melakukan perbaikan dengan menggunakan bantuan alat dari six sigma yaitu failure modes and effect analysis (FMEA) yang selanjutnya digunakan tindakan perbaikan dari penyebab permasalahan tersebut, lalu mencegah terjadinya permasalahan cacat dengan menggunakan Poka-Yoke.

Langkah terakhir yaitu mengontrol dan memonitoring hasil perbaikannya dengan teratur dan terjadwal.

 

Kata kunci : Defect, Definisi, Pengukuran, Analisis, Perbaikan, Kontrol.

 

Penulis : SITI ROHANA NASUTION, Ir.MT [PDF File] didownload : 57 x

FACTORS AFFECTING CUSTOMER SATISFACTION IN SUPERMARKET RETAIL SHOPPING
Abstrak

Customer Satisfaction is an important aspect for business. In retail business, it has become a primary point of differentiation in a market where consumers typically make a weekly trip to their preferred supermarket and spend more on this trip than at other times. In competition situation like Indonesia, approariate efforts are required to retain the old customers or to have the new ones by implementing strategies that focus on customer satisfaction. This paper attemps to investigate factors affecting the customer’s satisfaction from its attributes using factor analysis. The result suggested that the retail should consider three factor for their customer’s satisfaction they are quality of services, product price and quality, andenvironmental factor.

 

Keywords : factor affecting customer satisfaction, supermarket retail shopping 

 

Penulis : SITI ROHANA NASUTION, Ir.MT [PDF File] didownload : 42 x

PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU BAJA MS DI DIREKTORAT PRODUKSI ATMI CIKARANG
Abstrak

Abstrak

Persediaan bahan baku sebagai aset perusahaan memiliki peranan penting didalam operasi bisnis. Persediaan yang belum terkelola ini menjadi masalah utama di Direktorat Produksi ATMI Cikarang. Metode EOQ dengan safety stock digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan bahan baku Baja MS di Direktorat Produksi ATMI Cikarang pada periode Januari-Desember 2013 dengan metode peramalan deret waktu Double Moving Average (DMA). Hasil penelitian juga menunjukkan jumlah pemesanan ekonomis (Q) untuk kebutuhan tahun 2013 bahan baku material Baja MS sebesar 34.241 kg adalah 1.153,95 kg dengan waktu antar pemesanan (t) selama 9 hari dan frekuensi pemesanan 30 kali dalam 1 tahun. Batas atau titik pemesanan kembali (R) bahan baku yang dibutuhkan institusi adalah 390 kg. Sehingga didapatkan total biaya persediaan (TC) bahan baku material baja MS untuk tahun 2013 adalah sebesar Rp. 620.492.210,-. Dengan menerapkan usulan penelitian ini diperkirakan penghematan akan terjadi sebesar Rp. 14.517.251,-.

 

Kata Kunci : Persediaan, Peramalan, Double Moving Average, Economic Order Quantity

 

Penulis : SITI ROHANA NASUTION, Ir.MT [PDF File] didownload : 57 x

ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PEKERJAAN MEKANIKAL UMUM PADA PROYEK NETWORK BUILDING DENGAN PENDEKATAN KUALITATIF METODE PDCA
Abstrak

Abstrak

 

Waktu merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan dalam suatu proyek, keterlambatan adalah kondisi yang tidak dikehendaki, Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu pendekatan analisis secara kualitatif dengan Metode PDCA, Pengolahan data dengan membuat analisis jaringan kerja (precedence diagram) kemudian dilakukan perhitungan maju, perhitungan mundur dan lintasan kritis (Critical Part Method). Dalam penentuan masalah keterlambatan Instrumen yang digunakan dalam menganalisis data, adalah Brainstorming, yaitu mengumpulkan segala kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya masalah dari pendapat orang-orang yang terlibat dengan melakukan wawancara, dan Metode 5W1H (What, Why, Where, When, Who dan How) untuk pencarian solusi penyelesaian masalah. Dalam penentuan jalur kritis untuk masing-masing pekerjaan, didapatkan (1) durasi instalasi pekerjaan hydrant selama 34 minggu, (2) durasi instalasi pekerjaan plumbing selama 31 minggu dan (3) durasi instalasi pekerjaan AC selama 33 minggu. Pada hasil perhitungan, bila dibandingkan dengan aktualisasi pelaksanaan masing-masing pekerjaan, didapatkan (1) penyimpangan durasi instalasi pekerjaan hydrant sebesar 19.05 %, (2) durasi instalasi pekerjaan plumbing sebesar 11.43 %, dan (3) durasi instalasi pekerjaan AC sebesar 8.33 %. Penyebab terjadinya keterlambatan ini, antara lain disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya manusia, mesin, metode, material dan lingkungan. 

 

Kata kunci :      Brainstorming, Diagram Precedence, Keterlambatan Proyek, Metode PDCA, Work Breakdown Structure (WBS).

 

Penulis : SITI ROHANA NASUTION, Ir.MT [PDF File] didownload : 61 x

<< Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 Next >>